5 Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Tradisional

Rambut rontok adalah masalah, terutama jika tidak ditangani dengan cepat, dan cara mengatasi rambut rontok secara tradisional merupakan solusi terbaik. Metode tradisional biasanya menggunakan bahan-bahan yang alami, lembut, dan tidak merusak rambut. Ada banyak bahan alami yang mudah didapat, yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok secara tradisional dan cepat. Dengan pemakaian teratur, bahan-bahan ini akan melembutkan dan menyehatkan rambut, serta mengurangi kerontokan.

Cara mengatasi rambut rontok secara tradisional (Fotolia)

Cara mengatasi rambut rontok secara tradisional (Fotolia)

5 Bahan untuk Mengatasi Rambut Rontok secara Tradisional

Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Berikut 5 bahan yang mudah didapat untuk mengurangi masalah rambut rontok:

Bawang merah

Bawang merah mungkin terdengar janggal untuk dijadikan cara mengatasi rambut rontok secara tradisional dan alami, namun bahan ini mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok. Kandungan belerang pada bawang dapat melancarkan peredaran darah serta menguatkan rambut, sedangkan kandungan anti bakterinya mengurangi aktifitas bakteri yang dapat membuat kulit kepala kurang sehat. Parut beberapa bawang, peras dan saring, lalu aplikasikan secara merata di kepala. Diamkan selama 10-15 menit, lalu keramas.

Minyak bunga lavender

Minyak esensial bunga lavender, yang bisa diperoleh dalam sediaan jadi, memiliki khasiat memicu pertumbuhan rambut, sehingga cepat mengembalikan kesuburan dan kelebatan rambut. Cukup aplikasikan minyak lavender pada kepala secara merata, pijat-pijat pelan selama beberapa menit, lalu diamkan selama 10-15 menit sebelum keramas. Ini tidak hanya membuat rambut sehat, namun juga lembab dan wangi.

Jahe dan minyak wijen

Campuran jahe dan minyak wijen adalah cara mengatasi rambut rontok parah secara tradisional dengan bahan- di dapur. Kedua bahan ini dapat mengurangi aktifitas bakteri yang mengakibatkan rambut rontok, melancarkan peredaran darah di kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut, dan membuat rambut tetap lebat. Caranya cukup parut sepotong jahe dan dicampur dengan sedikit minyak wijen. Balurkan larutan ini ke kulit kepala lalu dipijat secara merata selama beberapa menit, lalu diamkan sampai meresap (15-20 menit). Keramas seperti biasa.

Santan dan jeruk nipis

Santan kelapa mengandung nutrisi yang bisa melembabkan rambut, menghaluskan, dan mengurangi kerontokan. Jika dicampur jeruk nipis dan digunakan secara teratur, campuran ini dapat mengurangi masalah ketombe, yang merupakan salah satu penyebab utama kerontokan rambut. Caranya dengan mencampur hasil parutan sebutir kelapa tua dengan sepanci kecil air, lalu masak sampai mendidih. Campur air perasan dari sebutir jeruk nipis, aduk rata, diamkan sampai suam-suam kuku. Aplikasikan ke kepala dan diamkan selama 20 menit, lalu keramas. Keduanya adalah cara mengatasi rambut rontok dan ketombe secara tradisional jika diaplikasikan secara teratur.

Campuran lidah buaya dan tomat

Lidah buaya dan tomat adalah cara mengatasi rambut rontok sekaligus menyuburkan rambut. Caranya mudah yaitu hancurkan sebutir tomat sampai kasar dan campur dengan gel dari daun lidah buaya sesuai kebutuhan. Jika ingin rambut lebih lambut, campuran ini bisa ditambahkan sesendok makan minyak zaitun. Hangatkan campuran ini (tapi jangan sampai panas), lalu oleskan secara merata ke kulit kepala dan rambut, lalu diamkan selama 15-20 menit sebelum keramas seperti biasa.

Rambut rontok bisa diatasi dengan shampoo yang tepat serta ramuan tradisional yang digunakan secara teratur. Jika kondisi rambut tidak membaik setelah pemakaian ramuan secara teratur selama beberapa minggu, sebaiknya kunjungi dokter. Cara mengatasi rambut rontok secara tradisional memberi nutrisi dan kelembutan ekstra pada rambut.

Content Protection by DMCA.com