7 Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok Secara Permanen

Beberapa faktor eksternal dan juga internal bisa menjadi pemicu kerontokan rambut baik baik patah maupun yang berasal dari akar rambut. Namun ternyata, ada juga beberapa penyakit yang menyebabkan rambut rontok walaupun pada dasarnya Anda memiliki rambut yang kuat. Apablagi jika Anda biarkan hal tersebut terlalu lama, bisa menjadi pemicu terjadinya kebotakan.

Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok - Fotolia

Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok – Fotolia

Seperti yang Anda ketahui, beberapa penyakit memang memiliki efek samping bagi penderitanya baik dari dalam maupun juga dari luar. Pada kasus seperti ini, solusi terhadap rambut rontok adalah menangani penyakit yang membuat rambut rontok. Dengan kata lain, jika penyakit yang menjadi pemicu kerontokan bisa diatasi, maka permasalahan rambut akan hilang sendirinya.

Daftar Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok

Infeksi Pada Kulit Kepala

Penyakit tidak hanya terjadi pada tubuh dan juga kesehatan namun bisa terjadi langsung pada kulit kepala. Infeksi tersebut disebabkan oleh jamur yang disebut kurap sehingga merusak folikel pada rambutdan menyebabkan akar rambut rusak sehingga rambut pun menjadi rontok.

Gangguan Kulit

Apabila Anda memiliki bekas luka yang membekas di kulit kepala akibat kecelakaan ataupun karena sering digaruk, maka kulit kepala Anda bisa mengalami lichen planus. Lichen planus merupakan gangguan di kulit kepala yang mengakibatkan kerontokan rambut secara permanen di bekas luka.

Alopecia Areata

Penyakit ini menimbulkan bercak-bercak di kulit kepala ataupun bagian tubuh lainnya karena sistem imun atau kekebalan tubuh tidak seimbang sehingga penyakit itu menyerang folikel atau lapisan rambut. Akibatnya rambut menjadi rontok dan rapuh.

Cicatrical Alopecia

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja bahkan untuk seseorang yang memiliki rambut dan juga kulit kepala sehat. Cicatrical Alopecia akan langsung menyerang dan juga menghancurkan sistem folikel rambut melalui jaringan parut sehingga rambut yang rontok tidak akan tumbuh lagi.

Kanker

Sebenarnya, bukanlah penyakit kanker yang menyebabkan rambut seseorang menjadi rontok, namun perawatannyalah yang bisa menyebabkan kerontokan rambut sepeerti kemoterapi. Sistem radiasi atau panas dari proses kemoterapi menyebabkan rambut menjadi kering dan minyak dalam rambut pun hilang sehingga rambut akan menjadi rontok secara berlebih.

Tiroid

Apabila kelenjar tiroid tidak bekerja dan menutrisi rambut Anda dengan baik, maka hal tersebut bisa menjadi penyakit yang menyebabkan rambut rontok berlebihan sebab fungsi dari tiroid adalah mengatur kadar kesimbangan hormon dalam tubuh Anda.

Trikotilomania

Penyakit ini merupakan sebuah gangguan medis yang terjadi pada seseorang sehingga menyebabkan orang tersebut mencabut rambutnya terus-menerus tanpa disadari walaupun sebenarnya rambut mereka tidak ada tanda-tanda kerontokan.

Cara Mengatasi Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok Pada Wanita

Setelah Anda mengetahui penyakit yang menyebabkan rambut rontok pada wanita maupun pria, maka Anda bisa mencari cara pencegahan serta pengobatan yang tepat untuk mengatasi kerontokan berlebih pada rambut sehingga pertumbuhan rambut tidak terhambat dan menjadi subur. Berikut ini cara mengobati rambut rontok:

Jangan minum obat terlalu sering

Cara untuk menyembuhkan penyakit memang dengan minum obat, namun sebaiknya jangan minum obat secara terus menerus karena hal tersebut bisa menyebabkan kerontokan rambut. Sebaiknya beri jeda jika ingin meminumnya dan juga mengganti obat Anda dengan ramuan alami yang sesuai dengan jenis penyakit.

Transplantasi rambut

Untuk penyakit yang menyebabkan rambut rontok parah dan juga permanen seperti kanker atau operasi, maka transplantasi rambut adalah cara untuk menumbuhkan rambut kembali dengan menghidupkan kembali akar serta jaringan-jaringannya yang sudah mati sehingga bisa merangsang pertumbuhannya rambut secara alami.

Setelah Anda mengetahui beberapa penyakit yang menyebabkan rambut rontok, maka mulai dari sekarang hendaknya Anda menjaga kesehatan tubuh dan rambut sehingga Anda tetap bisa tampil percaya diri dengan mahkota yang sehat.

Info Cantik:

penyakit yang menyebabkan rambut rontok - rambut rontok terus menerus - penyakit yang memutuskan akar rambut - penyakit yang membuat rambut rontok - rambut rontok terus terusan - rambut rontok permanen - Penyakit rambut rontok - Rambut rapuh kering rontok parah pertanda sakit apa ? - penyakit yang rambut rontok terus - penyebab Penyakit yg membuat rambut rontok - penyebab rambut rontok secara berlebih dan terus menerus - perbedaan rontok permanen - Rambut kepala rontok permanen Seperti ap - penyakit yang menyebabkan ketidaktumbuhan rambut - rambut rontok berlebihan pertanda apa - rambut rontok penyakit apa - rmbut rontok pnykit apa - sakit apa yg buat rambut rontok - tanda penyakit apa rambut rontok - tanda-tanda rambut kepala rontok terus terusan - penyakit yang menyebabkan rambut rontok parah - apa penyebab rambut rontok terus menerus? - penyakit rambut - penyakit kulit yg bikin rambut rontok permanen - penyakit kemo yg buat rontok rambut - penyakit dengan gejala rambut rusak dan rontok - penyakit dalam tubuh yang ada rambut - penyakit apa yg menyebabkan rambut rontok - penyakit apa yang rambut rontok - penyakit apa yang bikin rambut rontok - kenapa rambur rontok dari akar terus terusan - jenis penyakit apa yg membuat - gejala rontok rambut per - gejala rambut rontok perm - beda nya rambut rebonding and smoothing - apa tanda rontok permanen -
Content Protection by DMCA.com