Cara Menghilangkan Jerawat Secara Tradisional dengan Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis adalah dua di antara bahan tradisional yang kerap digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah, termasuk  jerawat yang membandel. Madu dan kayu manis telah lama digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara tradisional di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Lalu benarkan kedua bahan alami ini efektif mengatasi jerawat? Apa hasil penelitian tentang khasiat keduanya? Berikut ulasannya.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Tradisional (Fotolia)

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Tradisional (Fotolia)

Khasiat Madu dan Kayu Manis Cara Menghilangkan Jerawat Secara Tradisional

Khasiat Madu

Madu telah lama menjadi perhatian di kalangan praktisi maupun peneliti karena penggunaannya secara tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Apalagi saat ini, banyak orang yang memilih cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami dibanding menggunakan resep dokter.  Bukan hanya karena harganya yang murah, namun juga efek sampingnya yang minim.

Madu biasanya digunakan untuk mengatasi tukak maupun luka bakar. Pasalnya, madu mudah menyerap ke dalam luka dan membunuh bakteri, karena di dalamnya terdapat khasiat anti-bakteri. Selain itu, madu diyakini dapat mengurangi peradangan pada kulit dan membantu mempercepat proses pemulihan. Madu yang paling banyak dipakai adalah madu murni, bukan madu yang dijual di pasaran dan telah melalui proses pengolahan.

Lalu, apa kata penelitian tentang manfaat madu sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat untuk wanita? Sebuah penelitian yang melibatkan 136 peserta menemukan bahwa hanya 53 peserta yang menggunakan madu untuk jerawat menunjukkan perbaikan yang berarti. Namun, karena penelitian ini masih dilakukan pada skala kecil, hasilnya belum meyakinkan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menunjukkan khasiat madu untuk menghilangkan jerawat.

Khasiat madu untuk menghilangkan jerawat (Shutterstock)

Khasiat Kayu Manis

Sama halnya dengan madu, kayu manis juga telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah, termasuk masalah kulit, pernafasan, pencernaan, atau bahkan organ intim. Kayu manis ditemukan mengandung khasiat anti-kuman, anti-parasit, anti-oksidan, dan anti-inflamasi. Bahan yang digunakan adalah kayu manis murni, bukan hasil olahan.

Namun sekali lagi, penelitian tentang khasiat kayu manis masih dilakukan terbatas pada hewan. Dibutuhkan penelitian jangka panjang pada manusia dengan melibatkan banyak partisipan untuk mengetahui manfaat kayu manis sebagai  cara menghilangkan jerawat secara alami dan permanen.

Cara Menggunakan Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis digunakan secara tradisional untuk mengatasi jerawat karena keduanya mengandung khasiat anti-bakteri dan mempercepat penyembuhan luka. Namun, dibutuhkan riset lebih mendalam tentang khasiat keduanya sebagai cara tradisional menghilangkan jerawat. Biasanya, madu dan kayu manis digunakan sebagai masker wajah. Caranya:

  • Siapkan tiga sendok makan madu murni dan 1 sdm kayu manis murni yang sudah dihaluskan
  • Campurkan kedua bahan dan panaskan sejenak
  • Setelah agak dingin, oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 10 menit
  • Bersihkan dan keringkan wajah anda dengan handuk
Khasiat kayu manis untuk mengatasi jerawat (Shutterstock)

Khasiat kayu manis untuk mengatasi jerawat (Shutterstock)

Madu dan kayu manis umumnya cukup aman digunakan bagi siapa saja. Namun, penggunaannya tidak dianjurkan bagi orang yang alergi terhadap kayu manis dan semua produk madu (lebah). Jika anda tidak cocok menggunakan kedua bahan ini, reaksi alergi yang muncul bisa bervariasi, mulai dari kesulitan menelan, kemerahan, iritasi, sulit bernafas, gatal, nafas pendek, radang, dan kulit membengkak.

Jadi, jika sebaiknya lakukan uji coba pada permukaan kulit tangan anda terlebih dahulu. Jika tidak ada reaksi alergi, berarti masker wajah alami ini cocok untuk anda. Sebaliknya, jika terjadi reaksi alergi, sebaiknya anda mencari alternatif bahan lain sebagai cara menghilangkan jerawat secara tradisional. Jika anda alergi terhadap debu, seledri, atau produk-produk yang berkaitan dengan lebah, ada kemungkinan anda akan alergi terhadap madu dan kayu manis.

Info Cantik:

Cara Menghilangkan Bekas keringat Di wajah -
Content Protection by DMCA.com