Cara Mengurangi Rambut Rontok Secara Alami dengan Seledri

Rambut rontok disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya adalah kekurangan zat besi, kekurangan kalori, stress, menggunakan sisir yang bergigi rapat, terlalu sering keramas, dan mengikat rambut dengan terlalu erat. Banyaknya faktor penyebab rambut mudah rontok tersebut membuat penanganannya akan bersifat relatif. Untuk mengetahui cara mengurangi rambut rontok yang efektif dan aman, kita ketahui dulu faktor apa yang menjadi penyebabnya.

Cara mengurangi rambut rontok - Shutterstock

Cara mengurangi rambut rontok – Shutterstock

Manfaat Selederi Sebagai Cara Mengurangi Rambut Rontok

Belum tentu perawatan yang dilakukan orang lain akan berpengaruh sama jika kita melakukannya juga. Salah satu bahan alami yang populer digunakan sebagai cara mengurangi rambut rontok secara alami oleh masyarakat Indonesia adalah minyak seledri dan minyak kemiri, karena keduanya diakui memiliki khasiat yang bermanfaat menjaga kekuatan akar rambut.

Seledri terkenal dengan khasiatnya yang begitu banyak. Selain bisa dijadikan obat herbal, bahan masakan, alat perawatan kecantikan, seledri juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga keindahan rambut. Seledri biasa diaplikasikan pada rambut dalam bentuk masker alami atau minyak sebagai cara mengurangi rambut rontok dan ketombe.

Selederi kaya akan nutrisi, protein nabati, dan vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin E, dan Vitamin B kompleks yang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Seperti dibahas pada post tentang vitamin yang bagus untuk rambut, vitamin E pada selederi bermanfaat untuk menyuburkan rambut sekaligus mengatasi rambut kering dan rontok. Tidak salah jika selederi telah diolah menjadi produk siap pakaia sebagai solusi cara mengurangi rambut rontok dan melebatkan rambut.

Manfaat selederi untuk kecantikan rambut - Fotolia

Manfaat selederi untuk kecantikan rambut – Fotolia

Tahapan Cara Mengurangi Rambut Rontok dengan Seledri

Berikut adalah cara membuat minyak seledri untuk menanggulangi kerusakan rambut Anda.

Cara 1: Masker Selederi untuk Rambut

  • Sediakan daun seledri sebanyak 7 sampai 10 helai. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.
  • Cucilah beberapa helai daun seledri tersebut sampai bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari kuman yang dapat membahayakan.
  • Tumbuklah atau blender sampai melunak. Kalau bisa hancurkan sampai bentuknya seperti bubur.
  • Oleskan pada rambut dengan lembut. Jangan sampai seledri yang ditumbuh terbuang ke lantai dengan sia-sia.
  • Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Tunggulah sampai mengering dan menyerap pada rambut.
  • Kemudian bilas dengan air jernih dan sampo.

Selain cara di atas, ada cara lainnya untuk merawat rambut dengan daun seledri. Cara kedua ini lebih butuh banyak bahan dan waktu. Namun hasilnya kemungkinan besar lebih baik.

Cara menggunakan selederi untuk mengatasi rambut rontok - Fotolia

Cara menggunakan selederi untuk mengatasi rambut rontok – Fotolia

Cara 2: Tonik Rambut dari Daun Selederi

Cara kedua untuk memanfaatkan daun selederi sebagai cara mengurangi rambut rontok parah adalah dengan memanfaatkannya sebagai hair tonic. Berikut adalah tahapannya:

  • Siapkan segenggam daun seledri, air secukupnya, dan cuka. Jumlah helai daun seledri bisa Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan.
  • Rebuslah seledri dengan air sampai mendidih. Namun jangan terlalu lama. Karena nantik nutrisi dalam seledrinya malah menghilang.
  • Tunggu sampai mendidih, lalu tiriskan. Pisahkan daun seledri yang masih bersisa dengan ekstraknya yang sudah bercampur dengan air.
  • Campurkan 1 sendok makan cuka ke dalam air hasil rebusan seledri tersebut. Jangan terlalu berlebihan karena cuka bersifat asam.
  • Usapkan pada rambut secara merata, lalu diamkan selama setengah jam. Namun jika Anda sudah merasa bahwa seledri itu telah kering sebelum 30 menit, Anda boleh langsung membilasnya.
  • Setelah kering, bilaslah dengan air dan sampo.

Bagaimana? Mudah bukan cara menggunakan seledri untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe? Lakukanlah perawatan dengan seledri di atas dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Semoga artikel tentang cara mengurangi rambut rontok ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!

Info Cantik:

cara mengatasi rambut rontok dengan seledri - manfaat seledri untuk rambut - cara membuat masker seledri untuk rambut - manfaat seledri untuk rambut rontok - cara menggunakan daun seledri untuk rambut rontok - seledri untuk rambut rontok - hair tonik dari seledri - cara mengatasi rambut rontok dengan daun sledri - cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan daun seledri - cara menggunakan seledri untuk rambut rontok - cara merawat rambut dengan daun seledri - cara menghilangkan kerontokan dengan seledri - daun seledri untuk rambut ro - manfaat daun saledri untuk mengurangi kerontokan rambut - mengatasi rambut rontok dengan daun seledri - mengurangi rontok menggunakan seledri - seledrai untuk rambut rontok - seledri untuk rambut rontok com - cara merawat rambut dengan daun sel - cara mengolah daun saledri untuk rambut rontok - cara mengobati rambut rontok dengan daun seledri - apakah seledri bisa mengatasi kerontokan - cara membuat tonik rambut dengan sledri dan bawang - cara membuat tonic seledri spray - cara membuat hair tonik dari seledri - cara mebuat masker saledri buat rambut rontonk - cara buat hair tonic daun saledry - apakah sledri bisa mengobati rambut rontok - apakah seledri bisa mengurangi rambut rontok -
Content Protection by DMCA.com