Cara Merawat Rambut Rebonding agar Sehat dan Tahan Lama

Rebonding adalah prosedur yang cukup ekstrem, karena rambut Anda terpapas panas dan bahan kimia agar menjadi lurus, sehingga Anda harus tahu cara merawat rambut rebonding setelah prosedur agar rambut tetap sehat dan hasilnya awet. Rambut yang direbonding mudah mengalami kerusakan seperti kering, rontok, pecah-pecah atau menjadi kusam dan kurang hitam. Selain itu, jika tidak merawat rambut dengan benar, hasil rebonding juga tak akan bertahan lama dan rambut Anda akan menjadi berantakan dalam waktu singkat.

Cara merawat rambut rebonding (Fotolia)

Cara merawat rambut rebonding (Fotolia)

Jika Anda siap merebonding rambut, berarti Anda juga harus siap mengetahui dan melakukan berbagai cara merawat rambut setelah rebonding, agar lebih sehat dan hasilnya awet.

Cara Merawat Rambut Rebonding: 6 Bulan Pertama

Kondisi rambut Anda berubah drastis setelah menjalani proses rebonding, sehingga Anda harus merawatnya dengan cara tertentu setidaknya selama 6 bulan pertama. Inilah cara merawat rambut pasca rebonding selama setidaknya 6 bulan setelah prosedur:

  • Hindari keramas atau membasahi rambut selama minimal 3 hari pertama. Ini akan mengikis bahan kimia yang digunakan untuk melemaskan struktur rambut dan menjaganya tetap lurus. Hindari juga mengikat rambut atau bahkan sekadar menyelipkannya ke belakang telinga, karena ini akan mengubah bentuknya. Bahkan saat tidur, Anda harus menjaga agar rambut tetap lurus.
  • Pada hari keempat atau kelima setelah rebonding, Anda bisa mencuci rambut dengan air dingin, shampoo dan conditioner. Diamkan conditioner selama minimal 2 menit di rambut agar meresap dan membuat rambut tetap lembut. Jika mungkin, gunakan shampoo dan conditioner khusus yang direkomendasikan penata rambut Anda. Ini adalah cara merawat rambut rebonding agar tahan lama, terutama untuk menghindari produk rambut berbahan kasar.
  • Hindari menggunakan pengering rambut, mewarnai rambut, atau menggunakan pelurus sambut selama 6 bulan setelah rebonding. Intinya, Anda tidak boleh memperlakukan rambut dengan agak ‘ekstrem’ selama 6 bulan pertama, untuk menghindari kerusakan rambut serta hancurnya hasil rebonding.
  • Selama 6 bulan pertama, hindari keramas dengan air hangat. Hal ini akan membuat rambut cepat kering dan hasil rebonding rusak. Setelah 6 bulan, idealnya Anda harus terus keramas dengan air dingin, namun sesekali boleh saja dengan menggunakan air yang tak terlalu hangat.

Selama 6 bulan pertama, Anda harus siap menjaga kondisi rambut untuk mencegah berubahnya bentuk rambut. Pastikan menginvestasikan waktu dan tenaga untuk menjaga kondisi rambut.

Gunakan shower cap saat mandi (Fotolia)

Gunakan shower cap saat mandi (Fotolia)

Cara Merawat Rambut Rebonding Setiap Hari

Jika sudah merebonding rambut, dan rambut menunjukkan tanda-tanda kerusakan, Anda harus tahu cara merawat rambut rusak akibat rebonding setiap hari. Jangan sampai salah memilih produk perawatan rambut. Berikut beberapa tips perawatan rambut pasca rebonding yang mulai rusak:

  • Gunakan leave-in conditioner (conditioner yang bisa digunakan saat rambut kering) sebagai tambahan shampoo dan conditioner biasa. Ini akan memberi kelembaban ekstra pada rambut.
  • Lakukan hair spa sekali sebulan, atau rawat rambut dengan masker vitamin jika Anda tak sempat ke salon. Ini akan memberi nutrisi tambahan pada rambut yang mulai rusak.
  • Lindungi rambut dari elemen ekstrem dan perlakuan kasar. Ini berarti menyisir rambut dengan sisir bergigi besar, melindungi rambut dari panas matahari, angin dan hujan, menggunakan shower cap saat mandi, serta gunakan serum rambut secara teratur.

Akhirnya, hindari membuat rambut kelewat kering. Hindari mencuci rambut dengan air panas atau tidak mencucinya setelah kehujanan. Cara merawat rambut rebonding adalah dengan menjaga kelembaban dan bentuk rambut setiap saat.

Info Cantik:

cara jaga rambut lurus rebonding - cara menjaga agar rembonding tidak berubah - cara merawat rambut ikal agar tidak kembang - hari pertama membasahi rambut setelah rebonding -
Content Protection by DMCA.com