Makanan Penyubur Rambut Rontok yang Bisa Menyehatkan Kuku dan Kulit

Upaya menyuburkan rambut bisa dilakukan dengan menggabungkan perawatan luar dan dalam, termasuk mengonsumsi makanan penyubur rambut. Ada berbagai nutrisi yang bisa membantu menyuburkan rambut, seperti vitamin A, B kompleks, C, dan E. Selain itu, ada juga mineral penting seperti seng dan zat besi. Mengonsumsi makanan seimbang yang sarat kandungan gizi ini dapat menjaga kesehatan rambut, selain tentu menyehatkan tubuh.

Makanan penyubur rambut (Fotolia)

Makanan penyubur rambut (Fotolia)

Hebatnya, ada beberapa makanan penyubur rambut rontok yang ternyata bermanfaat juga bagi kulit dan kuku.  Konsumsilah makanan-makanan ini untuk mendapat rambut yang lebih sehat, plus kuku dan kulit yang terjaga.

7 Makanan Penyubur Rambut, Kuku dan Kulit

Berikut beberapa jenis makanan untuk penyubur rambut yang ternyata juga bermanfaat untuk kuku dan kulit:

Bayam

Bayam adalah sayuran sederhana multi-fungsi, dengan kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk rambut, kuku dan kulit. Bayam mengandung zat besi, potasium, seng, vitamin A, dan vitamin D yang bisa menjaga keindahan rambut, kekuatan kuku, serta kondisi kulit.

Jambu, stroberi dan jeruk

Ketiga buah ini dipilih karena mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Vitamin C adalah komponen yang membantu pembentukan kolagen, sehingga menjaga kondisi rambut dan kulit serta menghindari risiko rambut patah.

Sumber protein rendah lemak

Sumber protein adalah makanan penyubur rambut kepala ideal karena menjadi pendorong aktivitas pembentukan sel, serta mempertahankan lapisan keratin di rambut yang membuatnya tetap kuat dan tidak menipis. Protein yang cukup juga membantu menjaga kesehatan kuku dan kulit. Pilihlah jenis protein rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan laut, daging sapi tak berlemak, serta produk kedelai seperti tahu dan tempe.

Manfaat brokoli untuk menyuburkan rambut (Fotolia)

Manfaat brokoli untuk menyuburkan rambut (Fotolia)

Sawi dan brokoli

Pasangan sayuran ini terkenal sebagai makanan kaya zat besi, yang penting untuk menjaga kandungan ferritin dalam darah, dan penting untuk menjaga aktivitas terkait pertumbuhan dan kesehatan rambut, kuku serta kulit. Pastikan memasaknya sesebentar mungkin agar kandungan gizinya tidak hilang karena proses pemasakan.

Ubi, wortel, tomat dan labu kuning

Makanan-makanan ini kaya akan beta karoten, komponen yang mendukung produksi sebum (minyak alami yang dihasilkan di kulit kepala), yang berguna untuk mencegah kekeringan dan patah rambut. Selain itu, beta karoten juga membantu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit serta kuku.

Telur

Telur adalah makanan serba guna yang kaya protein, vitamin D, serta kelompok vitamin B yang disebut Biotin. Semuanya adalah nutrisi yang menjaga kesehatan dan kesuburan rambut, kulit serta kuku. Kunci mengonsumsi telur adalah dengan memasaknya menggunakan metode yang tidak menambah kandungan lemak jenuh, misalnya dengan direbus, atau digoreng/diorak-arik menggunakan sesedikit mungkin minyak.

Yogurt

Yogurt merupakan makanan kaya manfaat dan bisa meningkatkan metabolisme, sehingga membantu mempertahankan kekuatan rambut. Selain itu, yogurt juga mengandung vitamin D yang baik untuk menjaga kondisi kulit dan kuku, sekaligus menjaganya tetap utuh dan kuat.

Manfaat labu kuning untuk menyuburkan rambut (Fotolia)

Manfaat labu kuning untuk menyuburkan rambut (Fotolia)

Selain semua makanan ini, masih ada jenis makanan lain yang bergizi. Akan tetapi, ini merupakan contoh makanan yang bisa dikonsumsi lebih banyak mulai sekarang, terutama jika ingin menyuburkan rambut sekaligus menjaga kesehatan kulit dan kuku.

Makan makanan bergizi dalam jumlah seimbang adalah kunci menjaga kesehatan serta kondisi berbagai bagian tubuh, termasuk rambut, kuku dan kulit. Semua makanan yang disebut di atas merupakan makanan penyubur rambut yang juga bisa menjaga kesehatan kulit dan kuku, sehingga baik jika disertakan dalam menu setiap hari.

Info Cantik:

buah untuk membantu penyuburan rambut 2016 - Sawi penyubur rambut -
Content Protection by DMCA.com