Manfaat Telur untuk Rambut dan Cara Membuat Masker Telur

Telur tak hanya bermanfaat untuk dimakan; manfaat telur untuk rambut juga beragam sehingga produk kecantikan seperti shampoo pun ada yang menggunakan bahan telur. Manfaat telur datang dari asam lemak, kolesterol dan antioksidan alami yang ada di dalamnya. Zat-zat ini memberi manfaat seperti melembabkan rambut, melancarkan peredaran darah di kulit kepala, serta memperbaiki kerusakan seperti rambut kusam dan patah.

Manfaat Telur untuk Rambut Rusak (Fotolia)

Manfaat Telur untuk Rambut Rusak (Fotolia)

Anda bisa mendapat manfaat telur bagi rambut yang lebih maksimal dengan membuat masker. Tergantung bahan-bahan yang digunakan, masker telur dapat memberi khasiat alami dan menyasar masalah tertentu pada rambut.

Manfaat Telur untuk Rambut dalam 4 Jenis Masker

Gunakan bahan-bahan berbeda untuk meningkatkan khasiat tertentu dalam telur dan buat masker yang cocok. Inilah 4 jenis masker yang dapat anda aplikasikan untuk menyasar berbagai jenis problem rambut tertentu, dengan berbahan dasar telur:

Masker untuk melembabkan rambut

Inilah manfaat masker telur untuk rambut yang utama: melembabkan dan melembutkan rambut. Campurkan kuning telur dari sebutir telur dengan sesendok minyak zaitun di mangkuk dan aduk sampai rata. Tambahkan sedikit air panas supaya lebih encer. Keramasi rambut dengan air dingin, lalu oleskan campuran ini ke rambut yang basah mulai dari akar sampai ujung. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas. Keramas dengan shampoo lembut untuk membasuh sisa telur dan minyak.

Masker pelembut rambut

Jika rambut kurang lembut dan “jatuh,” gunakan masker telur dan yogurt.  Campurkan kuning telur dari sebutir telur dengan yogurt, yang banyaknya disesuaikan dengan panjang rambut Anda. Aduk sampai rata, lalu aplikasikan ke akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 15 menit, lalu keramas dengan air dingin dan shampoo lembut.

Masker perangsang pertumbuhan rambut

Jika Anda mengalami kerontokan rambut dan memiliki rambut tipis, manfaat telur buat rambut termasuk merangsang pertumbuhan rambut dengan melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Kali ini, gunakan putih telur dari sebutir telur. Campurkan dengan sesendok minyak zaitun dalam mangkuk dan aduk sampai membentuk semacam pasta putih. Aplikasikan pada rambut seperti mengoleskan krim atau mousse rambut. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin dan shampoo super lembut.

Masker untuk rambut rusak

Jika rambut Anda rusak dan mengalami kondisi seperti kering, pecah-pecah serta patah, gunakan masker telur, yogurt, minyak kelapa dan madu untuk manfaat maksimal. Campurkan sebutir kuning telur dengan sesendok makan madu, sesendok makan yogurt, dan setengah sendok teh minyak kelapa (minyak zaitun juga bisa), lalu aduk sampai rata. Aplikasikan dari akar hingga ujung rambut, lalu bungkus kepala dengan handuk, plastik atau topi mandi selama 2 jam. Bilas dengan air dingin dan shampoo lembut.

Dengan semua masker ini, Anda bisa merawat rambut secara alami untuk memulihkan kondisi rambut.

Tips Menggunakan Masker Telur untuk Rambut

Tahukah Anda mengapa kita harus menggunakan air dingin untuk membasuh rambut setelah menggunakan masker telur? Ini karena telur adalah protein yang akan menggumpal ketika Anda membasuh rambut dengan air hangat atau menjurus-panas. Selain itu, air dingin akan lebih “ramah” pada rambut ketimbang air hangat, terutama jika rambut Anda kering atau rusak. Pastikan juga memiliki persediaan shampoo lembut untuk membasuh masker ini dari rambut.

Berbagai manfaat telur untuk rambut dapat diperoleh dengan mengaplikasikannya langsung, namun menambahkan bahan lain dalam masker telur akan meningkatkan manfaatnya.

Info Cantik:

cara agar rambut lembut dan jatuh - cara buar rambut jatuh dengan kuning telur -
Content Protection by DMCA.com