Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang secara Alami di Rumah

Rambut kering yang mengembang serta susah disisir menjadi problem banyak orang, tetapi bisakah Anda mengatasi rambut kering dan mengembang tanpa harus membeli produk mahal? Anda bisa mencoba menggunakan produk atau bahan yang biasanya tidak digunakan untuk rambut, namun tersedia di rumah atau lemari dapur. Mulai dari bahan memasak hingga isi lemari obat, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami di rumah sebagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang secara alami dan cepat, sebelum mencoba produk yang mahal.

Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang (Fotolia)

Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang (Fotolia)

Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang dengan 5 Bahan Alami

Berikut beberapa bahan alami dan produk rumahan yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah rambut kering mengembang:

Cuka apel

Kandungan asam alami dalam cuka apel cocok untuk membersihkan dan menambah kilau rambut, karena membantu meratakan kutikel sehingga permukaan rambut menjadi lembut. Cukup larutkan sesendok makan cuka apel dengan ½ gelas air dan gunakan larutan ini pada rambut seperti tonik. Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air dingin, dan lakukan 2 kali seminggu.

Labu kuning dan madu

Labu kuning dan madu memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang, seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan, potasium, dan beta-karoten. Haluskan labu kuning sebanyak 1 cangkir, lalu tambahkan ½ sendok makan madu murni dan aduk sampai rata. Aplikasikan pada rambut lalu bungkus dengan plastik selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Anda juga bisa menggunakan ini sebagai masker pelembut wajah.

Manfaat cuka apel untuk rambut (Fotolia)

Manfaat cuka apel untuk rambut (Fotolia)

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat “berat” dan mudah menyerap, sehingga cocok untuk melembutkan rambut yang sangat kering sampai mengembang dan susah diatur. Aplikasikan minyak kelapa mulai dari akar rambut hingga ujung, lalu diamkan antara 15 menit hingga 1 jam (rambut bisa dibungkus plastik). Jika minyak kelapanya terlalu kental, bisa dihangatkan sedikit di microwave atau di atas api kecil sebentar sampai sekadar hangat dan sedikit lebih cair. Jika rambut sangat kering, diamkan semalaman atau sekitar 6-8 jam dalam keadaan dibungkus.

Alpukat

Jika rambut Anda super tipis, cara mengatasi rambut kering dan mengembang dengan bahan alami harus sedemikian rupa sehingga rambut tak semakin lepek dan tipis. Alpukat baik untuk melembutkan rambut kering yang kondisinya tipis. Cukup lumatkan daging alpukat masak dan aplikasikan ke kulit kepala hingga ujung rambut, lalu diamkan 15 menit dan bilas.

Pisang dan minyak zaitun

Pisang dapat membantu melembabkan helai-helai rambut dan membuatnya tak mengembang akibat kering. Jika rambut Anda super kasar, minyak zaitun bisa ditambahkan untuk meningkatkan khasiatnya. Blender pisang bersama sedikit minyak zaitun sampai halus (tidak ada potongan-potongan pisang yang bisa berjatuhan dari rambut), lalu aplikasikan ke kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan 15 menit sebelm dibilas.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut (Fotolia)

Manfaat minyak kelapa untuk rambut (Fotolia)

Selain menggunakan semua bahan ini, ada tips mengatasi rambut kering dan mengembang. Setiap kali hendak membilas rambut, pastikan menggunakan air dingin. Keramas dengan air hangat sering-sering dapat merusak rambut dan membuatnya menjadi lebih kasar serta mudah rontok. Gunakan shampoo yang lembut dan diformulasikan khusus untuk rambut kering. Jika rambut Anda tipis dan mudah lepek, Anda tidak perlu menggunakan kondisioner karena dapat memberatkan rambut, terutama jika sudah menggunakan perawatan di atas.

Mengatasi rambut kering dan mengembang bisa dilakukan dengan mudah dan murah di rumah sendiri, asal Anda tahu bahan-bahan apa yang sebaiknya digunakan.

Content Protection by DMCA.com