Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit: Tips Sukses Berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik mengecilkan perut, dan ada banyak jenis olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Akan tetapi, Anda mungkin sering merasa gagal mengecilkan perut, padahal sudah berolahraga setiap hari. Jika ingin mengecilkan perut, Anda harus memilih jenis olahraga yang tepat dan melakukannya dengan benar, sehingga menunjukkan hasil optimal.

Olah raga pilates untuk mengecilkan perut (Fotolia)

Olah raga pilates untuk mengecilkan perut (Fotolia)

Ada berbagai olahraga untuk mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita, dan agar berhasil, Anda harus menggabungkan beberapa jenis olahraga sekaligus, bukan hanya satu. Selain itu, Anda juga harus melakukannya dengan benar agar menunjukkan hasil.

Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit: Pilihan Olahraga Ideal

Olahraga otot perut yang menyasar otot-otot di bagian tengah tubuh (core exercises) sangat populer sebagai cara menguruskan perut, terutama ketika orang semakin banyak menyadari bahayanya pil diet serta metode diet tidak sehat. Akan tetapi, hanya melakukan olahraga otot perut tidak akan melangsingkan perut Anda. Berikut adalah cara melakukan olahraga mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria agar hasilnya efektif:

Gabungkan olahraga kardio dan otot

Cara paling efektif untuk mengecilkan perut adalah menggabungkan beberapa olahraga sekaligus, dengan fokus untuk membakar kalori serta melatih otot. Misalnya, Anda bisa melakukan senam aerobik atau lari dan bersepeda 3 kali seminggu, olahraga beban atau Pilates 3 kali seminggu, dan sisanya istirahat. Ini akan lebih efektif dalam mengecilkan perut sekaligus membentuk tubuh sehingga nampak lebih kokoh walaupun berat badan turun.

Konsumsi makanan dengan protein cukup

Makanan berprotein tinggi penting untuk mendukung olahraga, terutama jenis protein yang memiliki kalori rendah. Konsumsi seimbang antara protein, sedikit karbohidrat komplek, dan sayuran serta buah-buahan memberi energi yang cukup untuk melakukan olahraga sesuai target. Anda bisa menambah konsumsi protein seperti ikan, ayam atau kalkun, dan kacang-kacangan untuk meningkatkan energi secara alami.

Lakukan gerakan-gerakan ekstra di sela-sela kesibukan

Jika Anda sering sibuk dalam posisi duduk, atau di dalam ruangan, Anda bisa mencoba gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Posisi Papan (plank) adalah salah satu gerakan populer untuk menguatkan otot perut. Gerakan ini memaksa Anda berada dalam posisi mirip seperti di puncak push-up, dengan perut ditekan. Beberapa posisi yoga atau pilates juga memaksa Anda melatih otot-otot tubuh secara intens walaupun Anda tidak banyak bergerak.

Olah raga pilates untuk mengecilkan perut (Fotolia)

Olah raga pilates untuk mengecilkan perut (Fotolia)

Variasikan jenis olahraga

Olahraga seperti jogging, jalan cepat, lompat tali dan angkat barbel memang mudah dilakukan, namun jika Anda tidak melakukan variasi jenis olahraga, hasilnya akan kurang efektif untuk jangka panjang. Cobalah memvariasikan olahraga kardio dan otot Anda setiap 3 bulan sekali, misalnya. Jika Anda biasa lari sebagai olahraga kardio dan yoga di sela-selanya, sesekali ganti dengan berenang atau bersepeda, dipadu dengan Pilates atau latihan beban.

Latih berbagai kelompok otot

Banyak orang yang masih terlalu berfokus pada olahraga perut, tetapi mengabaikan kelompok otot lainnya. Padahal, semakin banyak kelompok otot yang dilatih, semakin banyak kalori dibakar dan semakin efektif juga upaya mengecilkan perut buncit. Pastikan menggerakkan semua anggota tubuh dan melatih semua kelompok otot dari pundak hingga kaki, bukan hanya memusatkan latihan pada perut, apapun olahraga Anda.

Ada berbagai cara untuk mengecilkan perut secara sehat, dan salah satu cara terbaik dan aman adalah olahraga. Walaupun ada banyak olahraga untuk mengecilkan perut buncit, pastikan melakukannya secara benar agar upaya Anda membawa hasil.

Info Cantik:

gerakan pilates untuk perut - olah raga pilates - seperti apa olah raga cardio trupdate 2016 -
Content Protection by DMCA.com