Pengobatan Jerawat Secara Alami dari Luar dan Dalam

Jerawat bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, baik dari luar maupun dari dalam. Pengobatan jerawat secara alami sebaiknya dilakukan dari luar dan dalam agar manfaatnya lebih permanen. Mulai dari mengonsumsi makanan seimbang untuk menjaga keseimbangan hormon, hingga merawat kulit agar bersih dan sehat, perawatan serta pengobatan jerawat bisa dilakukan tanpa bergantung pada produk-produk pabrikan mahal.

Pengobatan Jerawat Secara Alami (Fotolia)

Pengobatan Jerawat Secara Alami (Fotolia)

Pengobatan Jerawat Secara Alami dari Luar

Mengobati jerawat lazim dilakukan dengan perawatan eksternal. Ada berbagai pengobatan jerawat secara tradisional yang bisa Anda coba, namun ritual perawatan kulit wajah harian juga tak boleh dilupakan. Berikut beberapa cara mencegah serta mengobati jerawat dari luar:

Gel daun lidah buaya

Gel di dalam daun lidah buaya dapat membantu meringankan jerawat yang bengkak, memerah dan sakit. Caranya, oleskan sedikit gel dari daun menggunakan jari yang bersih, dan aplikasikan ke atas jerawat (kulit juga harus dibasuh dulu). Diamkan hingga kering atau selama sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Bawang putih

Bawang putih memiliki manfaat anti bakteri dan mampu mempercepat penyembuhan jerawat, terutama yang membengkak besar. Caranya, iris dan tumbuk bawang putih lalu campur dengan sesendok teh air sampai menjadi semacam pasta basah. Tempelkan kapas wajah ke atasnya sampai basah lalu lekatkan kapas ini pada bagian yang berjerawat sampai basah. Diamkan 10 menit sebelum dibilas.

Manfaat bawang putih untuk mengobati jerawat (Fotolia)

Manfaat bawang putih untuk mengobati jerawat (Fotolia)

Kentang

Kentang sering dimanfaatkan di India untuk merawat kulit wajah, dan kini, Anda bisa mencobanya untuk mengurangi jerawat serta mencegahnya datang kembali. Kandungan mineral alami dalam kentang dapat membantu mengempiskan jerawat dengan cepat serta mencegahnya kembali. Caranya, cuci kentang sampai bersih dan parut secukupnya. Oleskan hasil parutan yang basah ini ke atas jerawat, lalu diamkan 20 menit sebelum dibilas.

Keterangan di atas hanya beberapa cara merawat jerawat dari luar, namun Anda perlu melakukan pengobatan jerawat secara alami dari dalam jika ingin mendapat hasil lebih baik.

Pengobatan Jerawat Secara Alami dari Dalam

Untuk pengobatan jerawat dari dalam, kuncinya adalah apa yang anda konsumsi. Berikut adalah beberapa pilihannya untuk anda:

Konsumsi Omega 3 dan Omega 6

Omega 3 dan Omega 6 berfungsi mencegah peradangan, termasuk yang terjadi pada kulit serta menimbulkan jerawat menyakitkan. Anda bisa mendapat pasokan Omega 3 dan 6 dari minyak zaitun, ikan kaya minyak seperti salmon, mackerel dan sarden, telur ayam kampung, berbagai jenis kacang, serta minyak ikan cod.

Manfaat gel daun lidah buaya untuk mengobati jerawat (Fotolia)

Manfaat gel daun lidah buaya untuk mengobati jerawat (Fotolia)

Seimbangkan gula darah

Fluktuasi ekstrem gula darah dapat mengakibatkan gangguan kulit seperti jerawat, terutama ketika kadar insulin naik drastis. Makan seimbang dan mengurangi asupan gula penting untuk menjaga keseimbangan gula darah serta mempertahankan kondisi kulit. Anda disarankan memakan banyak sayuran hijau dan protein rendah lemak setiap hari, dengan tambahan buah segar, lemak sehat dan karbohidrat komplek setiap hari.

Detoks tubuh Anda

Mengonsumsi makanan detoks secara rutin dapat membantu mengurangi risiko jerawat dan gangguan kulit lainnya. Anda bisa mendedikasikan dua hingga tiga hari dalam sebulan untuk makan makanan “bersih” seperti sayuran dan buah mentah serta air putih dan jus segar sepanjang hari. Membersihkan bagian dalam tubuh akan menyeimbangkan seluruh fungsinya serta mengurangi risiko jerawat.

Melakukan pengobatan jerawat secara alami dapat menjadi cara mencegah serta mengurangi jerawat, terutama jika Anda ingin kulit sehat secara alami tanpa terlalu banyak bahan kimia pabrikan berbahaya.

Content Protection by DMCA.com