Perawatan Kulit secara Alami di Rumah agar Putih Berseri

Aktivitas luar ruangan, sengatan sinar matahari tropis dan kesibukan membuat kulit mudah menjadi kusam. Perawatan kulit secara alami di rumah merupakan solusi harian yang bisa Anda lakukan untuk menjaga rona alami serta kesehatan kulit. Sayangnya, banyak orang tidak memerhatikan hal ini ketika dilanda kesibukan. Padahal, perawatan kulit sangat penting baik bagi pria maupun wanita.

Perawatan Kulit secara Alami di Rumah (Fotolia)

Perawatan Kulit secara Alami di Rumah (Fotolia)

Bahkan jika Anda tidak membeli produk perawatan mahal, Anda masih bisa melakukan perawatan kulit tubuh agar putih secara alami di rumah. Pastikan melakukannya secara rutin untuk hasil maksimal.

5 Tahap Perawatan Kulit secara Alami di Rumah

Perawatan kulit membutuhkan 5 tahap untuk hasil maksimal: pembersihan, pengelupasan, perlindungan dari sinar matahari, perawatan masker, dan menjaga kelembaban. Anda bisa melakukannya dengan produk biasa yang cocok dengan kondisi kulit serta bahan-bahan alami untuk menambah khasiat perawatan. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan kulit alami di rumah agar selalu nampak putih berseri:

Pembersihan rutin

Membersihkan wajah secara rutin penting untuk menjaga pori-pori tetap bersih dan kulit terhindar dari penumpukan kotoran, debu serta minyak, yang dapat menimbulkan masalah kulit kusam dan jerawat. Gunakan sabun wajah lembut tanpa butiran setiap pagi dan malam sebelum tidur. Sebisa mungkin gunakan air hangat untuk membasuh wajah. Keringkan wajah tidak dengan digosok, namun ditepuk-tepuk menggunakan handuk.

Pembersihan mendalam dan pengelupasan

Jika wajah Anda dilapisi oleh kosmetik atau sangat kusam sehingga sabun biasa tidak mempan, saatnya melakukan pembersihan mendalam. Untuk menyapu kosmetik dan residu kotoran, gunakan toner. Jika ingin perawatan alami, gunakan susu atau yogurt putih yang tak bergula. Lemak susu dapat melarutkan kotoran yang mengandung minyak, namun sekaligus dapat menjadi perawatan kulit kering secara alami. Oleskan susu tipis-tipis ke wajah, biarkan kering, lalu bilas dengan air hangat dan sabun lembut.

Pengelupasan (exfoliation) dapat dilakukan setiap 2 minggu untuk benar-benar mengikis kulit mati yang menumpuk di wajah. Jika ingin perawatan alami, cukup gunakan gula dan madu. Campurkan 3 sendok makan gula pasir dengan 2 sendok makan madu, lalu gunakan campuran kasar ini di wajah dalam gerakan memutar menggunakan jari. Diamkan beberapa menit sebelum membilas wajah.

Melembabkan

Menjaga kelembaban kulit wajah penting untuk menjaga kemilaunya. Beberapa perawatan untuk melembabkan wajah juga dapat berfungsi sebagai pemutih kulit alami. Anda bisa menggunakan krim wajah yang mengandung pencerah kulit setiap habis mandi untuk mencegah kulit kering, terutama saat udara sedang sangat kering. Jika ingin alami, Anda bisa menggunakan minyak zaitun murni. Gunakan tipis-tipis di wajah terutama saat cuaca sedang sangat kering.

Perawatan masker alami

Masker buatan sendiri adalah perawatan kulit alami agar tampak putih berseri, namun tergantung bahannya, Anda bisa mendapat manfaat lain. Masker alami seperti buah stroberi, lemon atau pepaya yang diblender cukup baik untuk mencerahkan, melembutkan, sekaligus menyegarkan kulit wajah. Diamkan campuran ini di wajah selama 10 menit sebelum Anda membasuhnya.

Perlindungan dari sinar matahari

Sinar matahari merupakan salah satu faktor perusak kulit paling utama, dan terlalu lama membiarkan kulit terpapar sinar Ultraviolet dapat menyebabkan kulit kusam, gelap, bernoda, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Gunakan krim wajah dan tubuh yang mengandung perlindungan terhadap sinar UV. Biasanya produk pemutih kulit juga memiliki faktor perlindungan terhadap sinar UV. Gunakan 20 menit sebelum bepergian agar krim meresap ke kulit.

Asalkan melakukan perawatan kulit secara alami setiap hari, Anda bisa menjaga rona dan kesehatan kulit agar tetap cerah, berseri dan sehat.

Info Cantik:

cara perawatan kulit secara alami dirumah -
Content Protection by DMCA.com