Stress: Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Memiliki rambut yang lebat indah dan kuat sehat adalah idaman banyak orang. Tak hanya wanita, pria juga mengidamkan hal yang sama. Namun sayangnya, berbagai persoalan, seperti stress, seringkali memicu rambut rontok. Hal ini tidak hanya terjadi pada yang memiliki rambut panjang saja, namun juga rambut  rambut pendek. Lalu, bagaimana stress bisa menjadi penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya?

Stress sebagai penyebab rambut rontok - Shutterstock

Stress sebagai penyebab rambut rontok – Shutterstock

Pada dasarnya, memahami apa penyebab masalah rambut rontok anda, maka mencari solusinya akan menjadi lebih mudah. Jika masalah rambut anda terjadi karena stress, maka menghilangkan pemicunya adalah pengobatan paling tepat.

Stress Sebagai Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Faktor pemicu yang dapat membuat tubuh manusia menjadi bermasalah adalah faktor pikiran. Stress merupakan penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya juga harus dimulai dari penanganan terhadap pemicu stress. Rambut rontok karena stress dikenal dengan istilah telogen effluvium. Kondisi ini terjadi ketika stress sampai pada tahap yang dapat mengganggu masa istirahat  akar rambut. Akibatnya, pertumbuhan rambut akan terhenti.

Jika penyebab rambut rontok berlebihan dan cara mengatasinya ini tidak ditangani dengan cepat, maka dalam beberapa bulan saja, rambut yang melekat ke akarnya perlahan akan rontok, dan dalam jumlah yang lebih banyak dibanding biasanya. Jika anda sedang mengalami masalah kesehatan, seperti polycystic ovary syndrome (PCOS), lupus, atau hipotiroidisme, maka sebaiknya lakukan konsultasi dengn dokter untuk mengonfirmasi penyebabnya.

Olah raga dapat meringankan stress dan rambut rontok - Shutterstock

Olah raga dapat meringankan stress dan rambut rontok – Shutterstock

Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Stress

Mengidentifikasi stress sebagai penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya secara alami bukanlah hal yang terlalu susah. Berita baikna adalah begitu permasalahan stress anda tertangani, maka rambut anda akan tumbuh dengan sendirinya, tanpa anda harus melakukan pengobatan khusus. Meski demikian, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan terkait stress sebagai penyebab rambut rontok pada wanita dan cara mengatasinya, antara lain:

Tidur Cukup

Kurang tidur dapat memicu tekanan, baik secara mental maupun fisik, khususnya jika masalah kurang tidur berlangsung dalam waktu lama. Kurang tidur bisa mempengaruhi pola makan, kinerja di kantor, suasana hati, dan pada akhirnya dapat memicu stress dan kerontokan rambut. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut:

  • Perbaiki pola tidur anda, yakni bangun dan tidur pada jam yang sama setiap harinya. Pastikan anda tidur 7 hingga 8 jam setiap malam.
  • Hindari hal-hal yang terlalu menyita perhatian, seperti menonton TV
  • Hindari layar laptop atau TV yang terlalu terang
  • Jangan olah raga atau makan apapun menjelang tidur
Diet sehat penting untuk meringankan stress dan rambut rontok - Shutterstock

Diet sehat penting untuk meringankan stress dan rambut rontok – Shutterstock

Perbaiki Pola Makan

Pola makan yang baik dan sehat akan memberikan energi yang cukup untuk tubuh anda, sehingga tubuh akan mampu mengatasi stress. Diet juga mempengaruhi kekuatan akar rambut anda. Diet yang baik meminimalisir resiko rontok. Jadi, anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang setidaknya 3 kali sehari
  • Jangan melewatkan sarapan, karena hal ini dapat memperbaiki metabolisme tubuh anda
  • Jauhi makanan tinggi gula dan tinggi lemak.
  • Konsumsi lebih banak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan makanan yang kaya lemak sehat, sepertia lpukat, kacang, dan zaitun.
  • Konsumsi vitamin penumbuh rambut, seperti vitamin B, A, C, E, Zinc, Selenium, dan Magnesium. Asam lemak Omega-3 juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Selain melakukan dua tips di atas, anda juga dianjurkan untuk melakukan olah raga lebih sering daripada biasanya. Nah, jika masalah kerontokan anda masih berlanjut, sebaiknya temui seorang terapis untuk memastikan penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya dengan baik.

Info Cantik:

cara mengatasi rambut rontok karena stress - Mengatasi rambut rontok karna pikiran - mengatasi rambut rontok karna stres - menghilangkan stres penyebab rontok parah - rambut rontok berlebihan karena stress - apakah stres dapat mempengaruhi bentuk rambut - rambut rontok karena stres? - rambut stress - stres karna rambut rontok - stress rambut rontok - ketika rontok jangan stress - kenapa stress rontok - kenapa stres mempengaruhi keontokan rambut - apakah stres penyebab rambut rontok berlebihan - atasi rambut rontok karena stres - cara mengatasi rambut rontok akibat banyak pikiran atau stres - cara mengatasi rambut rontok karena banyak pikiran - cara mengatasi stres pikiran dan mengakibatkan rambut rontok - cara mengobati rambut rontok akibat stres - cara mengobati rambut rontok akibat stress - jika kurang tidur juga penyebab kerontokan rambut - tambut rontok karena stres -
Content Protection by DMCA.com