Tips Agar Rambut Tidak Kering Karena Suhu Dingin

Udara dingin yang kering bisa membuat rambut kusam dan ikut kering. Tips agar rambut tidak kering ketika Anda berada di tengah udara dingin, seperti ruang ber-AC atau cuaca/musim dingin, adalah melindunginya dari hembusan angin dingin sekaligus menjaga agar kelembabannya tidak hilang. Udara dingin dan kering bisa membuat rambut tidak hanya kering, tetapi juga mengembang, susah diatur, kusut, dan menjadi kusam. Selain itu, Anda juga lebih mudah mengalami rambut patah dan ujung rambut bercabang.

Tips Agar Rambut Tidak Kering (Fotolia)

Tips Agar Rambut Tidak Kering (Fotolia)

Jika Anda harus sering mengekspos rambut ke udara dingin dan kering, pastikan mengetahui tips agar rambut tidak kering dan mengembang, walaupun harus berjam-jam berada di tengah udara dingin.

Tips agar Rambut Tidak Kering: Nutrisi dan Perawatan

Jika Anda punya rambut yang mudah kering, atau harus berada di tengah udara dingin seperti ruang ber-AC atau area bercuaca dingin, pastikan merawat rambut dengan cara benar. Berikut tips agar rambut tidak kering dan kusam ketika berada di tengah udara dingin:

Kurangi keramas air hangat

Jika mungkin, kurangi keramas air hangat ketika musim dingin atau rambut sering terekspos udara dingin. Hal ini karena shampoo dan air hangat akan membuat rambut yang sudah kering semakin kering. Kalaupun harus keramas, gunakan air dingin atau minimal suam-suam kuku ketika membasuh rambut, dan gunakan shampoo berformula sangat lembut serta kondisioner.

Jangan biarkan rambut basah

Jika Anda tinggal di area dimana cuacanya sering dingin, keluar dengan rambut basah akan membuat rambut mudah patah. Selain itu, keluar dengan kepala basah di cuaca dingin akan membuat Anda mudah sakit. Pastikan rambut sudah cukup kering saat hendak keluar, tetapi jika menggunakan pengering rambut, pastikan tidak mendekatkan moncong pengering ke rambut untuk menghindari rambut patah (lebih baik membiarkan rambut mengering alami di dalam rumah).

Oleskan masker pelembab.

Masker pelembab 2 minggu sekali akan mengembalikan kondisi rambut yang terpapar udara dingin dan kering. Gunakan masker yang mengandung unsur melembabkan seperti masker rambut alpukat, susu, madu, atau yogurt. Anda juga bisa menggunakan masker alami seperti alpukat yang dihaluskan, kuning telur dan madu, atau pisang dan minyak zaitun yang diblender.

Oleskan minyak untuk rambut yang sangat kering.

Jika rambut Anda sudah kering dan tipis, udara dingin akan membuatnya semakin mengering dan mudah patah. Tips agar rambut tidak mengembang saat kering adalah mengoleskan minyak seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa murni mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas. Minyak-minyak ini mudah meresap dan akan membantu melembutkan rambut yang sangat kering di tengah udara dingin.

Oleskan dry conditioner

Kondisioner kering (dry conditioner) bisa dioleskan ke rambut yang kering sebelum Anda keluar rumah, terutama jika cuaca di luar dingin dan kering atau jika Anda akan menghabiskan waktu lama di ruang ber-AC. Kondisioner ini akan melindungi rambut dari kekeringan dan menjaga kelembabannya.

Cara lain untuk meminimalisit kerusakan rambut adalah dengan menutupinya (misalnya mengenakan penutup kepala saat di tengah cuaca dingin) atau mengoleskan vitamin rambut setiap hari selama hari-hari di mana rambut menjadi sangat kering. Anda juga bisa menata rambut dalam model yang meminimalisir kekusutan, seperti sanggul sederhana, kepang, atau kuncir tinggi (tetapi jangan terlalu kencang). Dengan berbagai tips agar rambut tidak kering, Anda bisa menjaga rambut tetap sehat dan lembab.

Content Protection by DMCA.com